Tuesday, December 19, 2017

4 Distro Linux Terbaik untuk Hardware jadul


1. Linux Lite

Jika Anda mencari distribusi yang berfungsi penuh, di luar kotak, Linux Lite mungkin tiket Anda. Tidak hanya Linux Lite merupakan distribusi ideal untuk perangkat keras penuaan, namun juga merupakan salah satu distribusi terbaik untuk pengguna baru. Linux Lite dibangun berdasarkan rilis LTS Ubuntu terbaru dan mencapai beberapa distribusi lain dalam kategori ini - ia berhasil memberikan semua alat yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Ini bukan distro yang mengganti AbiWord dan Gnumeric untuk LibreOffice (bukan berarti ada yang salah dengan potongan perangkat lunak itu).

Linux Lite bergantung pada Lingkungan Desktop Xfce (Gambar 1) dan mencakup jenis LibreOffice, Firefox, Thunderbird, VLC, GIMP, GNOME Disks, dan banyak lagi. Dengan penggunaan Xfce dan disertakannya perangkat lunak lengkap, Linux Lite membuat distribusi yang luar biasa untuk pengguna baru, bekerja dengan perangkat keras lama. Itu adalah win-win yang serius bagi bisnis yang ingin menghemat biaya dengan mendistribusikan perangkat keras lama ke karyawan temporer dan rumah yang ingin menurunkan perangkat keras ke anggota keluarga yang lebih muda.

Persyaratan sistem minimum untuk Linux Lite adalah:     
- Prosesor 700MHz    
- RAM 512mb     
- Layar VGA beresolusi 1024 × 768  
- DVD drive atau port USB (untuk menginstal dari citra ISO)     
- Setidaknya 5 GB ruang disk kosong

Bodhi Linux selalu memegang tempat khusus di hati saya. Sebagai desktop Pencerahan adalah salah satu yang pertama menarik saya menjauh dari Jalan Raya tercinta saya, itu adalah angin segar yang didistribusikan untuk menjaga agar desktop tertentu tetap relevan. Dan betapa hebatnya pekerjaan yang dilakukan oleh para pengembang Bodhi Linux.

Meskipun desktop Pencerahan tidak persis satu yang akan memiliki pengguna baru menangis ke langit, "Di mana saja Anda sepanjang hidup saya?", Ini pastilah favorit penggemar bagi banyak pengguna Linux kelas tua. Tapi jangan berpikir pengguna baru tidak akan memiliki masalah dengan Enlightenment. Untuk penggunaan standar, ini cukup mudah. Saat itulah Anda ingin mulai menyesuaikan desktop sehingga Anda mungkin mengalami kompleksitas. Tetapi jika pengguna baru bisa masuk ke alur Pencerahan, mereka akan menemukan salah satu desktop paling fleksibel yang tersedia.

Seperti Linux Lite, Bodhi dibangun di atas rilis LTS Ubuntu terbaru, namun menggunakan Moksha Desktop (Gambar 2) sebagai antarmuka pengguna. Moksha adalah kelanjutan dari desktop E21 Pencerahan dan para pengembang Bodhi telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membawa Pencerahan ke zaman modern (sambil mempertahankan apa yang membuat Pencerahan istimewa).


Satu peringatan ke Bodhi (selain kurva belajar Moksha) adalah bahwa, di luar kotak, itu tidak mencakup banyak cara aplikasi yang dihadapi pengguna. Anda akan menemukan browser Midori, editor teks ePad, penampil foto ePhoto, dan tidak banyak lagi. Untungnya, Bodhi termasuk toko aplikasi sendiri, yang disebut Appcenter, di mana pengguna dapat dengan mudah menginstal sejumlah judul perangkat lunak. Persyaratan sistem minimum untuk Bodhi adalah:    
- Prosesor 500mhz     
- RAM 256MB     
- Ruang drive 4GB

 Persyaratan yang direkomendasikan adalah:     
- Prosesor 1.0ghz     
- RAM 512MB     
- Ruang drive 10GB


Tidak ada daftar distribusi Linux yang ringan yang akan lengkap tanpa Puppy Linux. Puppy unik karena tidak ada satu distribusi Linux, namun kumpulan distribusi yang memiliki prinsip panduan yang sama dan dibangun dengan alat yang sama (Woof-CE). . Seperti yang Anda duga, alat yang ditawarkan di desktop Puppy Linux (Gambar 3) bersandar ke sisi minimal hal (AbiWord, Gnumeric, mtPaint, Slypheed, Palemoon, dll.). Mengingat ukuran ISO Puppy Linux hadir pada 224 MB, itu bisa dimengerti. Seiring dengan minimalis ini Linux, Puppy Linux adalah salah satu yang terbaik dalam membuat perangkat keras yang lebih tua terasa baru lagi. Puppy Bisa bekerja dengan prosesor 333Mhz dan RAM 256MB dan membuatnya berjalan mulus dan cepat.



Jika Anda mencari respin Ubuntu yang akan memberi kehidupan pada PC yang menua itu, Lubuntu adalah pemenangnya. Lubuntu adalah bagian dari keluarga Ubuntu dan menggunakan desktop LXDE (Gambar 4). Distribusi PC-friendly yang menua ini mencakup pilihan aplikasi lite yang tidak akan pernah membasmi mesin Anda. Seperti Puppy Linux, Lubuntu sangat mudah digunakan dan memilih aplikasi yang lebih ramping (seperti Abiword dan Gnumeric). Lubuntu juga menyertakan Firefox (untuk browsing web) serta Audacious dan GNOME-Mplayer untuk pemutaran multimedia.

Lubuntu adalah distribusi yang ringan, tapi hampir tidak ringan seperti, katakanlah, Puppy Linux. Lubuntu dapat bekerja pada komputer sampai sekitar sepuluh tahun. Persyaratan minimum untuk desktop Linux khusus ini adalah:

  • CPU: Pentium 4 or Pentium M or AMD K8
  • For local applications, Lubuntu can function with 512MB of RAM. For online usage (Youtube, Google+, Google Drive, and Facebook),  1GB of RAM is recommended.
Lubuntu juga menyertakan manajer paket Synaptic; Jadi jika aplikasi dasar itu tidak cukup, Anda selalu bisa memasang apapun yang Anda butuhkan. Pengguna baru akan sangat menghargai kesederhanaan desktop. Ada kurva belajar nol berikut yang terkait dengan LXDE. Kombinasikan kemudahan LXDE dan masuknya aplikasi ringan, Anda tidak bisa salah dengan Lubuntu. Jika Anda khawatir Anda akan kehilangan (menggunakan orang seperti Abiword), beberapa alat ini mampu bekerja dengan format yang lebih standar. Ambil, misalnya, Abiword - alat ini bisa menghemat sebagai .doc, .rtf, .txt, .epub, .pdf, .odt, dan banyak lagi. Apa yang terbaik dari aplikasi yang disertakan adalah bahwa kilat cepat dan dapat diandalkan. Daftar perangkat lunak default, disertakan dengan Lubuntu, menawarkan sedikit lebih banyak daripada distribusi Linux ringan rata-rata Anda. Anda akan menemukan:

  • Xfburn
  • Mpv Media Player
  • guvcview
  • Audacious
  • GNOME Mplayer
  • PulseAudio Volume Control
  • AbiWord
  • Gnumeric
  • Firefox
  • Pidgin
  • Sylpheed
  • Transmission
  • Document Viewer
  • mtPaint
  • Simple Scan
  • GNOME Disks
  • PCManFM
  • Leafpad
  • Xpad

No comments:

Post a Comment